Bekerja Keras Lagi Kepayahan. Memasuki Api yang Sangat Panas

Umar bin Khattab pernah menangis dalam perjalanannya ke Al-Aqsa, Palestina. Ia melihat seorang rahib Nasrani begitu khusyu’ menghadapkan wajahnya di depan patung dan salib. Betapa panjang sujudnya, begitu tenang ekspresinya, serius, dan sesekali tersedan. Umar menangis. Air mata mengalir ke janggutnya. Bibirnya pelan menggumamkan ayat ini…

“Bekerja keras lagi kepayahan. Memasuki api yang sangat panas” (Al-Ghasiyah: 3-4)

Umar begitu iba, ia tak tahan melihat syaitan menyesatkan manusia menuju keyakinan bathil yang begitu teguh terpatri dalam sanubari.

Dikutip dari buku “Agar Bidadari Cemburu Padamu” halaman 36, karangan Salim A. Fillah

Tipu daya setan begitu kuat bahkan melalui pintu ketaatan manusia dalam mencari Tuhannya sekalipun. Tapi, bukankah manusia diberikan akal dan pikiran untuk mencari siapa Rabbnya sebenarnya?. Tidak cukupkah Al-Qur’an yang terjaga kebenarannya menjadi bukti yang nyata bahwa Allah adalah Tuhan Semesta Alam, Rasulullah adalah manusia terbaik dan rasul-Nya?. Allah telah jelas mengakui diriNya sebagai Tuhan, lalu mengapa kebanyakan kalian menyembah sesuatu yang tak pernah mengakui dirinya sebagai Tuhan?

“Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (Al-Baqarah: 21-22)

Kebanyakan kalian menyembah apa-apa yang kalian ciptakan sendiri. Kebanyakan manusia akan menyesal di saat penyesalan itu tidak lagi bernilai.

“dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahanam; pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu” (Al-Fajr: 23)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s