Memilih Bacaan Sirah

Bismillahirrahmaanirrahiim,,

Sirah adalah salah satu kajian ilmu dinul islam yang paling saya sukai. Memilih bacaan Sirah layaknya memilih karakter seseorang dalam membaca. Namun, hal yang jauh lebih penting adalah memilih Sirah yang sesuai dengan ahlus sunnah. Jika kita salah memilih, khawatir ilmu yang masih minim ini akan dengan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu.

Apakah saya pernah salah memilih? ya, ketika SMA saya membaca sirah Fatimah putri Rasulullah dan baru menyadari bahwa pengarangnya adalah pendukung Syii’ah setelah saya menamatkan buku tsb. Di saat yang sama pula saya membaca hingga tamat buku Jalasah Ruhiyah karya Jalaludin Rakhmat yang pada akhirnya saya sadari buku itu lebih banyak berbicara tentang kaum Sufi. Saya juga sempat membaca sedikit dari buku Pluralisme Agama yang juga ditulis oleh beliau. Ketiganya saya alami ketika saya belum benar-benar mengetahui tentang Syii’ah, kaum Sufi ataupun Pluralisme. Alhamdulillah Allah mulai memahamkan pada saya tentang ketiganya seiring berjalannya waktu.

Rujukan Sirah

Rujukan yang saya berikan berdasarkan ke-4 buku Sirah yang saya miliki. Saya memberikan penilaian berdasarkan kekurangan dan kelebihannya berdasarkan pendapat pribadi. Wallahua’lam bishowab, semoga tulisan ini bermanfaat

Ke-4 buku Sirah yang saya miliki tsb antara lain :

1. Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurahman Al-Mubarakfuri, penerbit Pustaka Al Kautsar

2. Biografi Ali bin Abi Thalib karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi, penerbit Pustaka Al Kautsar

3. Khadijah-The True Love Story of Muhammad, Karya Abdul Mun’im Muhammad Umar, penerbit Pena, ilmu dan amal

4. Rumah Tangga Nabi Muhammad Saw. (Baitun Nubuwah) karya H.M.H. Al-Hamid Al-Husaini, penerbit Pustaka Hidayah (PH)

Diantara ke-4 buku tsb, buku yang paling saya sukai adalah Biografi Ali bin Abi Thalib. Walau difokuskan pada kehidupan Ali namun pada sebagian hal tidak dijelaskan secara rinci. Satu contoh yang saya dapati adalah tidak diceritakan rincinya mengenai penolakan Fatimah atas lamaran Abu Bakar dan Umar (saya mendapati kisah lebih rincinya dalam buku “Dalam Dekapan Ukhuwah” karya Sallim A. Fillah). Namun demikian buku ini tetap menjadi rujukan yang sangat baik menurut saya.

Prof Ali menuliskan buku ini dengan bahasa yang cukup runut dengan dilengkapi penjabaran ibrah dan sanggahan terhadap riwayat-riwayat batil yang digunakan Syii’ah Rafidhah untuk menjatuhkan Aisyah dan ketiga khalifah lainnya (insyaaAllah akan saya tuliskan pada kesempatan lain mengenai hal ini). Beliau menulis secara lebih lengkap mengenai pelajaran, nasehat, moral, dan hukum dari hadits ifki (berita bohong) mengenai tuduhan keji terhadap Aisyah dalam buku lainnya berjudul “Sirah Nabawiyah, Deskripsi dan Analisis Kejadian dan Peristiwa.” Beliau juga memberikan saran untuk berhati-hati dan waspada dalam membaca beberapa buku diantaranya :

1. Sejarah Islam karya Ali Ibrahim Hasan

2. Ali dan Anak Cucunya karya Toha Husain

Buku selanjutnya yang saya sukai adalah Sirah Nabawiyah. Buku ini merupakan tulisan yang dimenangkan oleh Al-Mubarakfuri dalam lomba penulisan sejarah islam. Saya cenderung menyukai buku ini dibandingkan Sirah Nabawiyah karya Al-Buthi. Bukan pada substansinya melainkan karakter saya dalam membaca yang lebih menitikberatkan pada alur cerita sedangkan Al-Buthi lebih menitikberatkan pada ibrah. Terlepas dari itu, keduanya merupakan rujukan yang baik dalam mempelajari sirah Rasulullah.

Buku Khadijah-The True Love Story of Muhammad adalah satu dari dua sirah istri Rasulullah yang diterbitkan oleh Pena (Khadijah; Aisyah-The True Beauty). Buku ini merupakan rujukan yang cukup baik menurut saya. Kisah mengenai Riwayat Khadijah sebelum menikah dengan Rasulullah serta mengenai keturunan Rasulullah yang ia lahirkan dan bagaimana ia membesarkan mereka, dapat kita temui dalam buku ini. Namun walau difokuskan pada Khadijah, sebagian besar kisah dalam buku ini tercantumkan pula pada Sirah Nabawiyah. Selain itu, umur Khadijah dalam menemani da’wah Rasulullah yang cukup singkat (selama 10 tahun) pada fase da’wah di Mekkah menjadikan cukup singkatnya perjalanan sirah dalam buku ini. Terlepas dari hal-hal tersebut buku ini sangat saya rekomendasikan untuk para akhawat yang ingin mempelajari keteladanan Khadijah secara mendalam.

Buku Rumah Tangga Rasulullah karya Al-Husaini adalah satu-satunya buku yang dituliskan oleh ulama Indonesia, sedangkan ke-3 buku lainnya (diatas) merupakan buku terjemahan yang dituliskan oleh ulama-ulama Timur Tengah. Tidak heran jika bahasa yang digunakan cenderung bergaya khas Indonesia. Sejujurnya saya kurang menyukai gaya penulisan Al-Husaini yang kurang teoritis dalam menuliskan narasi atau percakapan dialog (entah jika memang demikian adanya) sehingga terkadang ada hal yang rasanya kurang etis tergambarkan pada keluarga Rasulullah. Namun demikian buku ini tetap memiliki kelebihan tersendiri. Buku ini merupakan buku ter-tebal dibandingkan ke-3 lainnya. Buku se tebal 1200-an halaman ini mengisahkan dengan cukup lengkap mengenai ibu-ibu para nabi, istri-istri Rasulullah, putra-putri Rasulullah serta cucu-cucu Rasulullah. Selain buku ini, Al-Husaini juga menulis buku ”Sejarah Hidup ‘Ali bin Abii Thaalib ra. (diterbitkan oleh CV Toha Putra). Pada halaman-halaman terakhir dari buku ini dijelaskan pula mengenai apa itu Syii’ah sehingga kita dapat lebih berhati-hati. Diantara penjelasan tsb antara lain :

– Mazhab Syii’ah mulai dari yang moderat (Syii’ah Zaidiyyah, Syii’ah Itsna’asyariyyah, dan beberapa sekte Syii’ah kecil lainnya) hingga yang terlalu ekstrem (Syii’ah Ismailiyyah, Syii’ah Saba’iyyah, Syii’ah Kisaniyyah dan beberapa kete Syii’ah kecil lainnya).

– Mengenai kekhalifahan dan Imaamah

– ‘Mencintai Ahlul-Bait Rasulullah Tidak Berarti Syii’ah’

– Sedikit pembahasan mengenai beberapa buku yang membicarakan mengenai perbedaan pemikiran Syii’ah dan Sunni diantaranya :

Asy-Syii’ah Wa Ushuuluhaa karya Syaikh Muhammad Husain Al Kasyiful-Ghitha (memihak Syii’ah)

Tarikhul-Madzahibil-Islamiyyah karya Syaikh Abu Zahra (bermahzab Sunnah, menentang Syaikh Muhammad Hasan)

Al-Majalisul-Husainiyyah karya Muhammad Jawad Mughniyyah (mempersalahkan Mu’aawiyah – ‘Jika mencerca sahabat-Nabi dapat menjerumuskan orang ke dalam kekufuran, maka Mu’aawiyah itulah yang kafir’)

Tariikh Al-Baghdadiy karya ‘Abdul Qahir bin Thahir Al-Baghdadiy (Menjelaskan perbedaan pandangan Syii’ah dan Sunni)

***

Semoga niatan dan amalan yang kita lakukan dalam usaha menuntut ilmu ditunjukan jalan yang lurus oleh-Nya

Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat

(Al-Faatihah: 6-7)

8 thoughts on “Memilih Bacaan Sirah

  1. Salah satu nasihat penting yang saya terima dari orang penting adalah berteman dan membaca buku tidak hanya dari satu kelompok; pemikiran jauh lebih terbuka dan tidak jumud. Tidak merasa kebenaran hanya milik kelompoknya dan memunculkan fanatisme.

    Dulu saya sama seperti Anda, ketika tahu, misalnya, seorang ulama mengkritik sikap dan kebijakan Imam Ali bin Abi Thalib. Lambat laun, saya tahu bahwa sikap ini salah. Tidak selamanya benar untuk menilai bahwa karena satu sikap seseorang yg keliru maka seluruh dalam pribadinya keliru.

    Semoga saya semakin jauh dari fanatisme ketika membaca buku Syiah dan anti-Syiah.

  2. Pingback: Memilih Bacaan Berkualitas | mari berbagi :)

  3. mas,, tau tentang biografi abdul mun’in muhammad umar ga penulis buku khodijah:the true love story of muhammad? kalu tau share yach..makasih

    • Wa’alaikumsalaam Fitria🙂
      Maaf kakak ngga tahu karena itu punya ayah dan sudah dari SD ada, coba googling, sepertinya bisa di beli online, karena kalau di toko buku kakak hampir tidak pernah lihat, semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s