Menerima ‘Yang Bukan Siapa-Siapa’

Teringat perkataan ka Rendy Saputra ketika ia menceritakan kisahnya dahulu. Ketika ia memutuskan untuk berhenti kuliah, memulai bisnis yang dirasanya belum ada titik terang, dan keinginannya untuk menikah saat itu pula. ‘Kegilaan’ dalam pandangan kebanyakan orang tersebut tak membuatnya ragu untuk menjalankan sunnah Rasulullah saw. tsb, bahkan beliau yakin bahwa hal itu akan membuka luas pintu rezekinya.

Dengan memberanikan diri beliau mengajukan keinginannya untuk ber-ta’aruf dengan wanita yang ia sukai hingga pada akhirnya proses tersebut tidak berlanjut dengan salah satu alasannya adalah perasaan berat sang murobbiah wanita tsb untuk menerima beliau. Kisah ini berlanjut dengan hadirnya seorang wanita jelita yang menerimanya apa adanya, dan keduanya menjalani proses tersebut tanpa pernah mengetahui wajah dan fisik satu sama lain hingga akad keduanya sah. Dan betapa kagetnya beliau ketika mendapati istrinya adalah sosok yang cantik jelita, taat beragama, dan menerima serta mendukungnya baik dalam duka ataupun bahagia.

Ketika mengisahkan cerita ini, beliau mengatakan kurang lebih “Jikapun ada banyak wanita yang ingin menikah dengan saya saat ini, maka mereka tidak akan mampu menyaingi istri saya. Ia menerima saya ketika saya bukan siapa-siapa, tidak punya apa-apa, dan bagi kebanyakan orang berada dalam kondisi yang hina, tapi ia menerima saya apa adanya.”

Seketika saya merinding mendengarnya, sebuah tamparan keras bagi saya yang rasanya tidak dapat melakukan hal yang sama seperti yang istri beliau lakukan. Namun kini saya berjanji dalam diri untuk menjadi sosok seperti istri beliau, inshaa Allah.  Semoga ini bukan hanya sekedar harapan, namun ikrar yang akan dibuktikan dengan perbuatan.

Menjadi ‘sedikit kaum’, kaum yang asing, namun percayalah bahwa dengannya Allah menguji kebersihan hati-hati kita. Dan kaum tersebutlah yang pantas menduduki surga-Nya, inshaa Allah.

Leave a Reply

