Al Israa’ 84

29 Februari 2014, dua kali saya dipertemukan dengan surat Al-Israa’: 85 dengan tanpa kesengajaan. Namun justru bukan ayat tersebut yang menarik perhatian saya melainkan ayat sebelumnya, ayat ke-84

Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka, Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. (QS. Al-Israa’: 84)

Tafsir

(84) Allah memerintahkan agar Muhammad saw menyampaikan kepada umatnya bahwa tiap-tiap orang bekerja menurut kemauannya sendiri-sendiri. Ada orang yang suka bersyukur kepada Allah setiap ia memperoleh nikmat dari pada-Nya, dan ada pula orang yang mengingkari nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya; semuanya bekerja menurut tabiat, watak, dan kecerdasan mereka masing-masing.

Dalam pada itu Allah SWT, Penguasa semesta alam mengetahui siapa diantara manusia yang mengikuti yang hak dann siapa diantara mereka yang mengikuti yang batil, semua akan diberi Allah keputusan dengan adil; tidak ada seorangpun yang tidak memperoleh keputusan yang adil dari Allah. Seandainya manusia ada yang tetap kafir, janganlah dipaksa untuk beriman. Allah SWT berfirman:

Katakanlah (Muhammad), “Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya aku pun berbuat pula, kelak kamu akan mengetahui, siapakah (diantara kita) yang akan memperoleh hasil baik dari dunia ini. Sesungguhnya, orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapat keberuntungan.” (QS. Al-An’aam: 135) [1]*

Departemen Agama RI, Al-Qur’aan dan Tafsirnya Jilid:V (Juz:13-14-15) (-: Departemen Agama RI, 1982/1983), h.647

*Versi terjemahan oleh Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an

Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akhirat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan beruntung.” (QS. Al-An’aam: 135)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s