Jika Presiden Korupsi?

Baru-baru ini, Anas Urbaningrum menyebut-nyebut nama SBY yang melakukan rekayasa dana kampanye dirinya pada Pilpres 2009 dengan cara menaruh nama-nama penyumbang palsu. Saya menyaksikan liputannya dalam Metro TV sore tadi, kalian juga bisa membacanya dalam dana kampanye SBYsuap mobil Toyota Harrier, tuduhan Ibas terima suap, tudingan korupsi Ibas dan SBY. Jika kalian berhasil membaca buku Gurita Cikeas sebelum ia ditarik, buku itu juga membahas tentang seluk beluk dana kampanye Partai Demokrat dan bagaimana SBY diusung.

Tahun 2012 lalu dalam mata kuliah Studium Generale di ITB yang dibawakan oleh Dr. Abraham Samad, SH. MH. (Ketua KPK) dengan judul Membentuk Karakter Mahasiswa Anti Korupsi, saya sempat bertanya “Mengapa baik Presiden atau Budhiono tidak pernah dipanggil KPK terkait kasus Century?” karena kasus ini hingga hari ini masih juga ‘luntang lantung’ dan saya pikir ada sesuatu yang berusaha diulur dan disembunyikan, bukankah dana talangan triliyunan itu baru bisa cair dengan tanda tangan Presiden. Sebelum menjawab, para peserta kuliah bertepuk tangan, apa artinya mereka berpikiran sama dengan saya?. Lalu Pak Abraham menjawab kurang lebih “Zainab ini melankolis tapi menghanyutkan (hehe bapak kok tahu saya melankolis?). Namum perlu saya tegaskan bahwa tindak pidana apapun termasuk korupsi yang melibatkan Presiden dan Wakil Presiden tidak dapat ditangani KPK. Yang bisa mengadili hanya MK.” Lengkapnya dapat dilihat dalam Mekanisme Impeachment dan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi dan Proses Pemakzulan Impeachment.

Sebelum ini juga diberitakan mengenai Partai Demokrat yang menggunakan asset negara untuk kampanye Pemilu 2014. Dan seperti yang diberitakan pula, Akil Mochtar, mantan Ketua MK pun menerima suap Pilkada. Maka hal yang wajar bahwa kredibilitas para pemegang kuasa ini hancur dimata rakyat. Karena tidak hanya lembaga eksekutif dan legislatif, lembaga yudikatif pun juga demikian. Namun jauh dalam lubuk hati saya percaya dibalik mereka tetap ada orang-orang bersih yang bersabar untuk memenangkan keadilan pada akhirnya, inshaa Allah. Mari berhenti mengutuk kegelapan dan nyalakan lilin🙂. Wallahua’lam bishowab

One thought on “Jika Presiden Korupsi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s