Hikmah Vs Massive Inspiration

“Anda bisa mengalahkan 50% penduduk Amerika dengan bekerja keras,” kata A.L.Williams. “Anda akan mengalahkan 40% berikutnya dengan menjadi orang yang jujur dan memiliki integritas, serta mempertahankan sesuatu. 10% terakhir adalah bertempur dalam sistem usaha bebas.”

Satu bulan lalu saat saya ditugaskan menjaga rumah, saya memanfaatkannya untuk menonton tv hehe, karena di Bandung tidak ada tv dan sinyalnya tidak cukup bagus untuk menonton dari tablet. Dua stasiun tv yang sering bolak-balik saya tonton adalah Metro TV dan Net. Seingat saya malam tanggal 29 Maret, Net. sedang memutar perjalanan konser All Around The World Justin Bieber dan saya menonton sampai acara tsb habis.

Bicara soal musik saya tidak menyarankan kalian untuk following-addicted mengingat hukumnya masih dipertentangkan dan bisa diganti dengan leisure activity lain yang lebih baik. Walau demikian, Yusuf Qardhawi dalam Fiqih Kontemporernya menyatakan boleh dalam batas dan kepentingannya. Sejak SD sampai awal SMP saya selalu mengikuti hingga hapal musik-musik barat seperti Westlife, Michelle Branch, Britney Spears, Aqua, The Corrs, David Badingfield, David Archuleta, Backstreet Boys, Celine Dion, M2M, Stacie Orrico, Shania Twain, dll. Saat itu MTV sangat berjaya. Namun akhir SMP hingga kini saya tidak lagi mengikuti dan menyimpan musik-musik tersebut. Mungkin jika saya masih seperti saat itu, saya akan mengikuti perkembangan musik One Direction, Justin Bieber, Taylor Swift, Jason Mraz, dll. Sejujurnya ini ujian juga menurut saya, saat kita belum bisa melepaskan ujian yang satu (ketergantungan terhadap musik) maka akan sulit untuk naik pada ujian selanjutnya. Tidak apa-apa perlahan terus dicoba, semoga Allah memudahkan ikhtiar kita, seperti halnya perokok adiktif yang mengurangi menghisap rokok tiap periodenya untuk akhirnya berhenti🙂.

Baiklah, lalu ada pelajaran apa dari perjalanan behind the scene konser Justin Bieber ?. Hal yang paling saya ingat adalah ketika Justin berkata kepada kru dan Usher –yang merekrutnya– dalam satu kesempatan persiapan konser, kurang lebih,

“Aku akan melakukan apapun bahkan jika harus berlatih 16 jam per hari”

Justin Bieber adalah salah satu remaja terkaya di dunia, ia menempati urutan kedua pemilik follower twitter terbanyak dengan jumlah 51.2 juta orang (setara dengan 20.9% penduduk Indonesia saat ini), dan dengan kesuksesan musik yang merajai dunia. Namun, semua hal tersebut tidak ia raih dengan instan, ia memulai dari remaja ‘bukan siapa-siapa’ yang hidup dalam kemiskinan. Sesuai perkataan A.L.Williams, “Anda bisa mengalahkan 50% penduduk Amerika dengan bekerja keras”, itulah yang juga dilakukan Justin yang berkebangsaan Kanada. Ia bekerja jauh lebih keras sebelum ia dikenal seperti saat ini dan masih bekerja keras meski telah mencapai puncak kariernya. How struggling much he was!

Tidak dapat dipungkiri industri entertainment dan media adalah salah tahu industri menjanjikan saat ini. Ia memberi kelebihan tersendiri salah satunya adalah ‘menarik hati’ dan menggiring konsumen –dalam hal ini adalah fans– untuk terus menjadi konsumen setia. Terkadang saya berpikir bahwa dengan kemampuan para idola ini menarik massa, mereka memiliki kesempatan kebaikan besar disana. Karena mereka adalah massive inspiration yang nyata bagi orang lain. Tapi bayangkan jika bukan nilai kebaikan yang mereka bawa, mungkinkah ‘perang pemikiran’ adalah tujuan dibalik industri ini ?

UmmatiLalu siapakah massive inspiration-mu ?. Jika kalian muslim, tetap jadikan Rasulullah massive inspiration-mu ya🙂, karena ia tidak akan pernah mengecewakanmu sekalipun ia tidak bernyanyi, konser, atau keliling dunia saat ini untuk dapat bertemu denganmu. Karena jauh sebelum itu ia hadir membawa diri kita dalam doa-doanya, “ummati… ummati…”

“Hikmah adalah harta yang hilang dari perbendaharaan kaum Muslim, maka barangsiapa yang menemukannya, maka ia lebih berhak memungutnya.” (HR Riwayat Tirmizi). 

Hikmah dapat dipelajari dan diambil dari siapapun dan kejadian apapun, maka temukan ia dimanapun berada. Ambil yang baik-baiknya, dan tinggalkan yang buruknya termasuk pada diri seorang Justin Bieber🙂. Wallahua’lam bishowab

Leave a Reply

