Not Just A K-Drama #1 Phantom

Drama ini mengisahkan tentang kesatuan polisi yang menangani kasus kejahatan cyber. Pernahkah terpikir olehmu bagaimana jadinya jika supply listrik suatu negara di-hack dan menyebabkan listrik padam total? kereta subway tiba-tiba berhenti, lift berhenti, ruang operasi rumah sakit padam, dan yang terbesar adalah gangguan pembangkit nuklir yang hampir meledak.

Bagaimana jadinya jika suatu perusahaan saham terbesar di Korea adalah penyebab dibaliknya? Dan bagaimana jadinya jika ternyata perusahaan tsb menanamkan modal pada perusahaan anti virus yang ternyata adalah ‘mata-mata’ informasi pribadi penggunanya? Dengannya mereka mengendalikan negara dengan hanya satu klik-an mouse dan mengancam para penentangnya.

Dua sahabat jenius komputer, Kim Woo Hyun dan Park Gi Young adalah pelajar di akademi kepolisian, hingga akhirnya takdir memisahkan mereka. Kekecewaan Gi Young terhadap kasus korupsi kepolisian membuatnya memutuskan untuk keluar dan menjadi seorang hacker terhebat yang pernah ada. Sedang Woo Hyun tidak pernah sekalipun ia ragu akan sumpah kepolisiannya.

Keduanya tidak pernah bertemu sejak saat itu. Hingga suatu ketika kasus pembunuhan berantai melibatkan Woo Hyun di dalamnya. Disinilah kepercayaan kedua sahabat baik ini diuji. Ketika akhirnya kematian hampir merenggut keduanya dan tersisa Gi Young yang bertahan hidup. Ia dihadapkan pada pilihan untuk menggantikan posisi Woo Hyun dan membuktikan bahwa sahabatnya tsb sama sekali tidak bersalah.

Bagaimanakah akhir kisah kedua sahabat yang saling berbeda pandangan mengenai keadilan ini? Kisah kejahatan yang melibatkan kepolisian, jaksa, dan pemegang saham perusahaan tertinggi tsb akankah berhasil dibuktikan oleh kelima orang kesatuan polisi ‘baik’ yang tersisa?

Drama ini adalah drama Korea terbaik yang pernah saya saksikan. Tentang persahabatan, kejujuran, kepercayaan, dan harapan bahwa kebaikan akan menang dengan perjuangan di atas yang lain. Tidak seperti drama Korea pada umumnya yang berkisah tentang cinta segi empat, drama ini memberi arti lebih jauh bagi saya. Terima kasih banyak untuk Nela, yang memberi copy-an film ini ditengah ke-enggan-an saya menonton drama Korea. Terima kasih Nel, film-nya sangat bagus, sangat jenius, dan sangat menyentuh terutama episode 18 ketika harapan yang tersisa adalah keputusan tersulit. Sekali lagi, makasih Nel🙂

2 thoughts on “Not Just A K-Drama #1 Phantom

  1. Pingback: List of Not-Just-A-Films | mari berbagi :)

  2. Pingback: List of Not-Just-A-Film | mari berbagi :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s