Meletakkan Loyalitas Pada Kebenaran

Ada cinta pada seseorang atau kaum yang membuat kita lupa bahwa darinya akan selalu ada kekurangan. Namun memilih memperlihatkan kebaikannya saja dan menyembunyikan kekurangannya tanpa keinginan untuk mendengarkan apa yang sepatutnya diperbaiki, bagi saya ini cinta buta.

Ada cinta pada seseorang atau kaum yang membuat kita sadar bahwa ia selayaknya ciptaan Allah yang memiliki kekurangan. Mengambil yang baik dan menasehati apa yang sebaiknya diperbaiki, bagi saya inilah mencintai karena Allah.

Dan saya memilih cinta yang kedua,

True Friends

“Demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan kerugian yang nyata kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran” QS. Al-‘Asr: 1-3

”Tiada seorang nabipun yang diutus sebelumku kecuali mempunyai sahabat-sahabat yang setia mengikuti sunnahnya dengan sebenar-benarnya, kemudian akan datang setelah mereka generasi yang hanya di perintahkan. Maka siapa yang melawan mereka dengan kekuatan tangannya maka ia adalah mukmin dan siapa yang membenci mereka dengan hatinya maka ia adalah mukmin selain itu tidak ada lagi iman walau seberat biji sawi” HR.Muslim No. 50

“Kembali kepada kebenaran merupakan fadilah dan terus menerus diatas kebathilan merupakan kehinaan“. Simaklah apa yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim dalam “Madarijus Salikiin” Juz 2 hal.38 : “Kami sangat mencintai Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyah), tetapi kami lebih mencintai kebenaran daripadanya. Dan ketahuilah semua orang selain Rasulullah dapat diambil perkataannya dan ditinggalkan kesesatannya.

“… Tidak ada kewajiban taat dalam berbuat maksiat kepada Allah. Sesungguhnya taat itu hanya untuk kebajikan.” Shahih Muslim No.3424 diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib ra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s