Memang Ka Zae Tuhan?

“Apalah saya tanpa Allah?”

Ada begitu banyak pengingat yang Allah sisipkan dalam hidup kita tentang betapa tidak mampu dan kecilnya kita tanpa Dia dan tanpa bisa dibandingkan dengan-Nya. Terkadang kita menyadarinya, namun jauh lebih banyak kita tidak menyadarinya atau menyadari namun mengabaikannya. Dan hari itu, ketika percakapan biasa yang diselingi canda seperti menampar saya seketika “Memang ka Zae Tuhan ?.”

Sore itu bersama Yulia kami pergi ke Perpustakaan kampus. Hari sedikit mendung dan saya harus pulang dulu ke kostan untuk mengambil barang dan setelahnya akan menyusul ke Perpustakaan. Hingga saya berkata disela percakapan kami di depan gedung tsb, “Ka Zae bawa payung ngga ya? Mendungnya kayaknya hanya sebentar dan masih cerah”. “Bawa aja ka, siapa tahu hujan. Sedia payunng sebelum hujan hehe”, Jawab Yulia. “Tapi pengalaman ka Zae mendung seperti ini hanya sebentar dan ngga hujan”, Sahut saya. Hingga perkataan Yulia setelahnya seolah membuat waktu terhenti, “Memang ka Zae Tuhan ?”

Sekilas ini seperti candaan, tapi perkataan Yulia saat itu benar-benar mengena pada saya. Begitu mengena hingga hari ini. Setiap kali saya mengingat momen itu, saya kembali tersadar bahwa terkaan manusia tidak akan mampu menandingi ketetapan Allah. ‘Apalah kita tanpa Allah?’ Jika perkara yang bagi kita sederhana saja tidak mampu kita pastikan, jika tanpa-Nya penghormatan seluruh manusia pun benar-benar tidak berharga.

Maka bersyukurlah ketika Allah memberikan orang-orang yang senantiasa mengingatkan kita pada-Nya, yang membuat kita ingat betapa tidak berharga, lemah, dan tidak mampu tanpa pertolongan-Nya. Yulia terima kasih untuk perkataanmu yang singkat namun benar-benar menjadi pengingat ka Zae hingga hari ini, terima kasih ya Allah Kau berikan kejadian itu pada hamba, terima kasih.

2 thoughts on “Memang Ka Zae Tuhan?

Leave a Reply

