Celah Kebaikan

Suatu ketika Nida pernah mengatakan kalau ia selalu berusaha membatinkan hal-hal yang baik pada apa-apa yang ia temui. Ya kamu benar Nid. Mungkin saat kita berjalan dan melihat bapak penjual yang renta di jalan ‘semoga Allah cukupkan rezekinya dan keluarganya’, mungkin saat melihat bapak pendorong bak yang sangat besar ‘maafkan kami pak belum bisa membantu, semoga Allah permudah usahamu’, mungkin saat melihat barisan anak-anak TK atau SD sepulang sekolah ‘semoga ilmunya berkah adik-adik🙂’, atau apapun yang kita temui. Ya, lagi-lagi kamu benar Nida.

Kita tidak pernah tahu pada hal apa Allah mencatat kebaikan yang kita lakukan. Sama halnya dengan kita tidak pernah tahu melalui do’a siapa, Ia mengijabahnya. Dan celah-celah kebaikan serta ladang amal itu selalu ada, dengan atau tanpa hasil yang nyata. Kita hanya perlu melatih apa yang kita batinkan dalam hati untuk selalu berisi kebaikan, bukan begitu Nid?

Seperti halnya seorang sahabat yang Rasulullah katakan sebagai ahlu syurga ketika hidupnya. Sahabat lain yang penasaran lalu ikut menginap di rumahnya dan memerhatikan amalan apa yang ia perbuat. ‘Biasa-biasa saja’, pikir mereka, tidak ada yang istimewa. Hingga akhirnya mereka tahu bahwa hal sederhana yang pemuda ini lakukan adalah memaafkan setiap orang yang berbuat salah kepadanya, setiap harinya, dengan sebenar-benar ketulusan maaf.

Celah Kebaikan

Dan lagi-lagi, kita tidak pernah tahu dengan amal seperti apa, Allah memasukkan kita dalam syurganya. Mungkin dari sesuatu yang zhahir, mungkin juga tidak. Maka masuklah dalam celah-celah kebaikan itu, dimanapun, kapanpun bukan begitu Nida? Terima kasih banyak Nid🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s