Ma’rifaturrasulullah 1 – Keagungan Rasulullah di Mata Dunia

Rasulullah adalah tokoh nomor 1 dunia yang diakui bahkan oleh non muslim sekalipun. Ia ditempatkan oleh Michael Hart sebagai orang paling berpengaruh nomor 1 dunia. Dan tahukah kalian bahwa hingga saat ini tidak ada yang mampu mengalahkannya sebagai tokoh biografi terhebat sepanjang masa? Tidak ada satu buku biografi pun yang mengulas tokoh sedetail Rasulullah, bahkan buku biografi Steve Jobs karangan Walter Isaacson setebal 697 halaman.
Mulai dari cara shalatnya, cara tidurnya, luka apa yang ada pada tubuhnya, kaki sebelah mana yang ia gunakan lebih dulu saat beraktifitas, bagaimana jalannya, bagaimana perawakannya, pakaian apa yang sering ia pakai, makanan apa yang ia suka dan tidak sukai, waktu tidurnya ia habiskan untuk apa, kapan ia menangis, bagaimana cara ia tertawa, bagaimana ia bergurau, hingga urutan kuku jari yang ia potong saat memotong kuku.
Bahkan hadits ‘quotes’-nya rela dikumpulkan, diteliti, dan dihapal oleh orang yang tidak pernah melihatnya sekalipun -Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Al-Bukhari (Imam Bukhari)- yang lahir 184 sejak Rasulullah wafat.

“Pilihan saya untuk menempatkan Muhammad pada urutan teratas mungkin mengejutkan semua pihak, tapi dialah satu-satunya orang yang sukses baik dalam tataran sekular maupun agama (hal. 33). Lamar Tine, seorang sejarawan terkemuka menyatakan bahwa: ‘Jika keagungan sebuah tujuan, kecilnya fasilitas yang diberikan untuk mencapai tujuan tersebut, serta menakjubkannya hasil yang dicapai menjadi tolok ukur kejeniusan seorang manusia; siapakah yang berani membandingkan tokoh hebat manapun dalam sejarah modern dengan Muhammad? Tokoh-tokoh itu membangun pasukan, hukum dan kerajaan saja. Mereka hanyalah menciptakan kekuatan-kekuatan material yang hancur bahkan di depan mata mereka sendiri.’
Muhammad bergerak tidak hanya dengan tentara, hukum, kerajaan, rakyat dan dinasti, tapi jutaan manusia di dua per tiga wilayah dunia saat itu; lebih dari itu, ia telah merubah altar-altar pemujaan, sesembahan, agama, pikiran, kepercayaan serta jiwa. Kesabarannya dalam kemenangan dan ambisinya yang dipersembahkan untuk satu tujuan tanpa sama sekali berhasrat membangun kekuasaan, sembahyang-sembahyangnya, dialognya dengan Tuhan, kematiannnya dan kemenangan-kemenangan (umatnya) setelah kematiannya; semuanya membawa keyakinan umatnya hingga ia memiliki kekuatan untuk mengembalikan sebuah dogma. Dogma yang mengajarkan ketunggalan dan keghaiban (immateriality) Tuhan yang mengajarkan siapa sesungguhnya Tuhan. Dia singkirkan tuhan palsu dengan kekuatan dan mengenalkan tuhan yang sesungguhnya dengan kebijakan. Seorang filosof yang juga seorang orator, prajurit, ahli hukum, penakluk ide, pengembali dogma-dogma rasional dari sebuah ajaran tanpa pengidolaan, pendiri 20 kerajaan di bumi dan satu kerajaan spiritual, ialah Muhammad. Dari semua standar bagaimana kehebatan seorang manusia diukur, mungkin kita patut bertanya: adakah orang yang lebih agung dari dia?” -Michael H. Hart dalam Fimadani

Adakah manusia yang lebih agung darinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s