Figur

Dalam hidup terkadang seseorang akan menemui sosok figur yang ia jadikan panutan, role model, sosok yang ia kagumi, atau idolakan. Seringkali penilaian tangible seperti rupawan, kemahsyuran, tingkat pendidikan, ataupun harta menjadi tolak ukur yang populer diantaranya. Dan saya berdiri diantara orang yang jarang sekali melihat hal tersebut. Keteladanan dan kebaikan adalah hal yang paling membuat saya tertarik akan seseorang, siapapun ia. Bagaimana ia memperlakukan orang lain, bagaimana tutur kata dan sikapnya, serta bagaimana pandangan hidupnya adalah hal yang penting bagi saya. Maka saya akan jatuh cinta pada mereka yang memiliki aura kebaikan pada setiap hal yang ia lakukan, entah ia anak-anak, entah ia seorang ibu, kakak, teman, atau siapapun. Dimanapun ia berada, saya rasa ia akan meninggalkan jejak kebaikan bagi orang-orang disekitarnya, bahkan bagi kehidupan mereka. Mungkin itulah mengapa Allah tidak memperlihatkan wajah Rasulullah, Ia tidak membekalinya dengan kemahsyuran, kekayaan, atau tingkat pendidikan, karena jika hal tersebut yang membuat seseorang jatuh cinta pada orang lain maka Rasulullah mungkin tidak termasuk di dalamnya. Bahkan pada Yusuf as., bukan karena ketampanannya umatnya mencintai beliau, bahkan pada Sulaiman as., cinta itu tidak untuk keberkuasaannya, atau bahkan pada Abu Bakr as-Shiddiq, yang dicintai bukan karena kekayaannya. Bukankah hal yang terpenting seringkali hadir dalam bentuk yang tidak nyata tapi berharga untuk dirasakan, tidakkah kalian berpikir demikian?

One thought on “Figur

  1. Teteh.. aku banyak dapet inspirasi baca beberapa tulisan di sini. Unik, banyak sudut pandang yang aku tadinya ga tahu, atau lupa.Mampir karena tulisan “Menjadi Ibu” eh ketagihan dan nyampe sini deh. Aku suka, rasanya semua tulisan teteh singkat, padat dan jelas, persis kaya gambaran tulisan yang baik yang selalu diingetin Guru Bahasa Indonesia SMP-ku.

    Ah iya.. ada salam Teh Zae. Salam rindu dari didiriku hehe. Miss you..

Leave a Reply

